April 16, 2011

Lembaga Sosial atau lembaga kemasyarakatan atau dalam istilah asingnya adalah social-institution adalah Sebuah kelembagaan yang  mengatur perilaku warga masyarakat, dan memberikan norma-norma masyarakat yang mengatur pergaulan hidup dengan tujuan untuk mencapai suatu tata-tertib. Di lembaga ini norma-norma masyarakat mengatur pergaulan hidup masyarakat dengan tujuan untuk mencapai tata-tertib.
                                                                              
Hubungan antara manusia ini dihimpun dalam sebuah organisasi sosial. Norma-norma tersebut bisa berkelompok pada berbagai keperluan pokok. Misalya kebutuhsn hidup kekerabatan yang menimbulkan lembaga-lembaga seperti lembaga keluarga, lembaga perkawinan, lembaga perceraian dan sebagainya. Kebutuhan akan matapencaharian hidup juga bisa menimbulkan lembaga pertanian, peternakan, koperasi, industry dan lain-lain. Kebutuhan pendidikan bisa menimbulkan lembaga sekolah dasar, sekolah menengah pesantern, sekolah madrasah dan perguruan tinggi. Serta berbagai macam kebutuhan pasti akan menimbulkan suatu lembaga.
A.    Karakteristik Lembaga Sosial
Menurut Jhon Lewis Gillin dan Jhon Philip Gillin dalam bukunya feature Of  Social Institution[1] telah menguraikan beberapa ciri umum lembaga kemasyarakatan sebagai berikut :
1.      Suatu lembaga kemasyarakatan adalah organisasi pola-pola pemikiran dan perilaku yang terwujud melalui aktifitas kemasyarakatan dan hasil-hasilnya
Suatu tingkat kekekalan tertentu merupakan ciri dari semua lembaga kemasyarakatan. System kepercayaan dan aneka macam tindakan, baru akan menjadi bagian lembaga kemasyarakatan ssetelah melewati waktu yang relative lama. Misalnya, suatusistem pendidikan tertentu

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar